Selamat Datang di Wabsite Manajemen Training Centre Indonesia ( MTC Indonesia ) Penyelenggara Training, Bimbingan Teknis ( bimtek ), Pelatihan dan Sosialisasi " dapat menghubungi panitia ke No: 081298859688

Minggu, 29 Desember 2019

Bimtek Penatausahaan Keuangan Daerah Sesuai SAP

Bimtek Penatausahaan Keuangan Daerah Sesuai SAP

Dalam melaksanakan ketentuan Pasal 7 ayat (3) Peraturan Pemerintah (PP) No. 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah, Menteri Dalam Negeri telah menetapkan Permendagri No.64Tahun2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (SAP) kepada Pemerintah Daerah sebagai pedoman pelaksanaannya. SAP mengakui pendapatan dari pengeluaran, aset, utang, dan ekuitas dalam melaporkan pelaksanaan anggaran berdasarkan pada yang ditentukan dalam APBD. Dengan ini kami akan mengadakan "Bimbingan Teknis dalam Menghadapi Strategi Audit dalam Kompilasi Tanggung Jawab Manajemen Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (Sap) dan Sistem Teknis untuk Administrasi Akuntabilitas Keuangan" 

Bahan pelajaran: 
  • Dasar Hukum untuk Manajemen Keuangan Administrasi 
  • Keuangan Regional Sesuai dengan SAP 
  • Membuat Laporan Akuntabilitas Keuangan Basis Akrual Daerah 
  • Pemeriksaan Laporan Keuangan Daerah 
  • Dasar Hukum untuk Audit 
  • Laporan Tanggung Jawab Keuangan Daerah 
  • Objek Pemeriksaan Keuangan 
  • Lingkup Pemeriksaan 
  • Kriteria Inspeksi Periksa 
  • Kode Etik 
  • Standar Audit Keuangan Negara 
  • Strategi untuk Berurusan dengan Audit 
  • Akuntabilitas Keuangan Daerah



Bimtek Keuangan PPTK PPK

Bimtek Keuangan PPTK PPK
Dalam pengelolaan keuangan daerah, paradigma baru adalah dalam bentuk tuntutan untuk melaksanakan pengelolaan keuangan daerah yang berorientasi pada kepentingan publik (public oriented). Ini termasuk tuntutan bagi pemerintah daerah untuk membuat laporan keuangan dan transparansi informasi anggaran kepada publik.


Masalah utama yang sering terjadi dalam administrasi keuangan adalah masalah pengambilan keputusan, kebijakan dan implementasi yang berkaitan dengan perencanaan, akuntansi, implementasi, laporan implementasi, dan pengawasan pengadaan dana di satu sisi dan penggunaan dana. Di sisi lain, tujuan yang ingin dicapai oleh administrasi keuangan negara adalah akuntabilitas, efisiensi, dan efektivitas dalam pengadaan dan penggunaan dana.

Bimtek Keuangan PPTK PPK
Selain itu Administrasi Keuangan Negara tidak hanya terkait dengan cara dan bagaimana penerimaan dan pengeluaran negara dilakukan, tetapi juga tentang perbedaan dalam kebijakan yang ada dan dapat diimplementasikan sebagai opsi untuk melaksanakan kebijakan dan kegiatan pemerintah.

Untuk memperkuat pemahaman tentang Sistem Administrasi Keuangan Daerah, kami MTC Indonesia akan mengadakan "Bimbingan Teknis tentang Sistem Administrasi Keuangan dan Strategi Perencanaan untuk Pengguna Anggaran, PPTK, PPK & Bendahara sebagai Pengembangan Kapasitas untuk Aparatur Pemerintah dalam Administrasi, Akuntabilitas Keuangan Daerah"

Diskusi Bahan Bimtek  Keuangan:
  • Manajemen Keuangan Daerah
  • Belanja Honorarium
  • Metodologi perencanaan dan proses persiapan anggaran daerah
  • Sistem anggaran dan manajemen keuangan oleh Bendahara
  • Pelimpahan wewenang dari Pengguna Anggaran
  • Komponen laporan keuangan
  • Pelaporan yang bertanggung jawab
  • Strategi dan Optimalisasi Kinerja Manajemen Aparatur SKPD



Bimtek Transaksi Non Tunai

Bimtek Transaksi Non Tunai

Sistem pembayaran dalam transaksi ekonomi mengalami kemajuan pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang canggih. Kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran telah menggantikan peran uang tunai (mata uang) yang dikenal masyarakat sebagai alat pembayaran secara umum menjadi bentuk pembayaran non tunai yang lebih efektif dan efisien.
Sistem pembayaran yang efisien dapat diukur dengan kemampuan menciptakan biaya minimal untuk mendapatkan manfaat dari aktivitas transaksi. Pengguna layanan instrumen pembayaran akan menggunakan layanan instrumen pembayaran yang memiliki harga relatif lebih rendah sehingga biaya transaksi yang harus dikeluarkan juga rendah. Dengan mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan kecepatan transaksi, inovasi pembayaran elektronik membuat sistem pembayaran nontunai lebih efektif.
Bank Indonesia, sebagai otoritas yang mengatur sistem pembayaran di Indonesia, telah meluncurkan Grand Design of Upaya untuk Meningkatkan Penggunaan Pembayaran Non Tunai, atau sering disebut sebagai Menuju Masyarakat Yang Kurang Tunai (LCS). Perkembangan transaksi pembayaran menuju Less Cash Society adalah arah perubahan yang tidak bisa dihindari
Transaksi dengan pembayaran fisik sudah mulai digantikan oleh sistem pembayaran non tunai. Dengan manfaat yang diperoleh negara melalui penghematan biaya transaksi, diharapkan akan ada tren perubahan transaksi tunai menjadi transaksi non tunai. Masyarakat tunai kurang dapat didefinisikan sebagai budaya atau tren yang berkembang di masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan media pembayaran non tunai. Kami dengan ini MTC Indonesia akan mengadakan 'Bimtek Implementasi Transaksi Non Tunai dalam Meningkatkan Akuntabilitas dalam Manajemen Keuangan Daerah "

Bahan pelajaran:

  • Persiapan Program dan Kegiatan untuk Implementasi Transaksi Non Tunai.
  • Penyiapan Prosedur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah dalam Implementasi Transaksi Non Tunai kepada Pemerintah Daerah.
  • Prosedur Teknis untuk Administrasi dan Akuntabilitas Bendaharawan dalam Pelaksanaan Transaksi Non-Tunai kepada Pemerintah Daerah.
  • Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Bimtek Keuangan PP 12

Bimtek Keuangan PP 12
Seperti halnya dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah di tingkat provinsi, kota / kabupaten juga merumuskan perencanaan dan pengelolaan anggaran yang akan dilaksanakan dalam tahun berikutnya. Peraturan Pemerintah Dalam Negeri (Permendagri) 13 tahun 2006 menyatakan bahwa semua Pendapatan Daerah dan Belanja Daerah harus dicatat dan dikelola dalam APBD. Pendapatan dan pengeluaran daerah berada dalam konteks melaksanakan tugas desentralisasi. Sedangkan penerimaan dan pengeluaran terkait dengan pelaksanaan Tugas Dekonsentrasi atau Tugas Pembantuan tidak dicatat dalam APBD. Masalah utama yang sering terjadi dalam administrasi keuangan adalah masalah pengambilan keputusan, kebijakan dan implementasi yang berkaitan dengan perencanaan, akuntansi, implementasi, laporan implementasi, dan pengawasan pengadaan dana di satu sisi dan penggunaan dana.

Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah, dikeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah yang sebelumnya mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 58 tahun 2005.

Melaksanakan Pasal 182 dan Pasal 194 Undang-Undang (UU) No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Pasal 69 dan Pasal 86 UU No. 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. diperlukan sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Dalam rangka memperkuat pemahaman tentang Sistem Manajemen Keuangan Daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2019, kami MTC Indonesia akan mengadakan Bimbingan Teknis tentang Mekanisme Administrasi dan Manajemen Keuangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019

Bahan Diskusi Bahan Bimtek Keuangan:
  • Mekanisme Pengelolaan Administrasi dan Keuangan
  • Perencanaan
  • Laporan Anggaran dan Keuangan SKPD.
  • PPK dan PPTK SKPD dalam Manajemen Keuangan Daerah
  • Belanja Honorarium
  • Metodologi perencanaan dan proses persiapan anggaran daerah
  • Sistem anggaran dan manajemen keuangan oleh Bendahara
  • Pelimpahan wewenang dari Pengguna Anggaran
  • Prosedur untuk Akuntabilitas Keuangan Daerah

Bimtek Permendagri 90

Bimtek Implementasi Permendagri Ri No. 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Kodefikasi Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah

Bimtek Permendagri 90
Untuk alasan ini, konsistensi dalam perencanaan dan penganggaran diperlukan khusus untuk pembangunan daerah saat ini, yaitu, daerah itu sendiri sedang membangun daerah, bukan hanya pusat pembangunan daerah. Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2019 Tentang Codefication dan Nomenklatur Klasifikasi Pembangunan Daerah dan Codefication Perencanaan Keuangan dan nomenklatur pembangunan daerah dan keuangan diharapkan menjadi instrumen yang disetujui sementara itu, untuk mewujudkan perencanaan dan penganggaran , Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah telah membuat road map yang terdiri dari perencanaan dan penganggaran pembangunan; mengatur nomenklatur dan kegiatan program; memperbarui program dan aktivitas basis data dalam aplikasi perencanaan dan penganggaran (e-planning dan e-budgeting); e-planning perencanaan pengembangan wilayah melalui aplikasi; e-budgeting. Dengan hal tersebut di atas, kami akan mengadakan Bimbingan Teknis tentang "Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Codefication dan Nomenklatur Pengembangan Daerah dan Perencanaan Keuangan"

Diskusi Materi:
  • Implikasi Kode dan Pembaruan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Keuangan Daerah
  • Tujuan Klasifikasi, Kode dan Nomenklatur Perencanaan Pengembangan Keuangan Daerah
  • Kompilasi Kode dan Klasifikasi Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Keuangan Daerah
  • Sistem Informasi Pemerintah Daerah

Kontak Panitia Bimtek
WA Panitia Bimtek
PILIH MATERI / TANGGAL / LOKASI BIMTEK
BIMTEK JANUARI 2020
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Quest Surabaya
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Grand Antares Medan
09 - 10 Januari 2020 di Hotel Grand Inna Daira Palembang
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Quest Surabaya
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Grand Antares Medan
22 - 23 Januari 2020 di Hotel Grand Inna Daira Palembang
BIMTEK FEBRUARI 2020
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Quest Surabaya
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Grand Antares Medan
05 - 06 Februari 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Quest Surabaya
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Grand Antares Medan
11 - 12 Februari 2020 di Hotel The 101 Kota Malang
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Ibis Semarang
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Whiz Prime Balikpapan
11 - 12 Februari 2020 di Hotel Grand Inna Daira Palembang
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Quest Surabaya
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
19 - 20 Februari 2020 di Hotel Grand Antares Medan
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Quest Surabaya
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Grand Antares Medan
26 - 27 Februari 2020 di Hotel The 101 Kota Malang
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Ibis Semarang
26 - 27 Februari 2020 di Hotel Whiz Prime Balikpapan
































BIMTEK MARET 2020
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Quest Surabaya
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
04 - 05 Maret 2020 di Hotel Grand Antares Medan
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Quest Surabaya
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Whiz Prime Manado
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Grand Antares Medan
11 - 12 Maret 2020 di Hotel The 101 Kota Malang
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Ibis Semarang
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Whiz Prime Balikpapan
11 - 12 Maret 2020 di Hotel Grand Inna Daira Palembang
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Quest Surabaya
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
19 - 20 Maret 2020 di Hotel Grand Antares Medan
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Oasis Amir Jakarta
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Abadi Malioboro Jogja
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Pacific Palace Batam
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Eden Kuta Bali
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Ibis Styles Braga Bandung
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Ibis City Center Makassar
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Quest Surabaya
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Bintang Senggigi Lombok
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Whiz Prime Manado
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Grand Antares Medan
27 - 28 Maret 2020 di Hotel The 101 Kota Malang
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Ibis Semarang
27 - 28 Maret 2020 di Hotel Whiz Prime Balikpapan



Dengan menyertakan pembayaran biaya:
Rp. 3.500.000,- (Tiga juta Lima Ratus Ribu rupiah ) / Peserta tidak menginap
Rp. 4.500.000,- (empat juta lima ratus ribu rupiah ) / Peserta menginap

Fasilitas sudah termaksud biaya:
Pelatihan selama 2 hari Atau Materi dibahas sampai dengan selesai
Menginap 4 Hari 3 Malam
Seminar kit / Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book) Akomodasi Konsumsi (Coffe Break dan Lunch Dinner) selama kegiatan Menginap (Twin Share) 
Makalah Pelatihan 
Sertifikat Pelatihan 
Antar Jemput Bandara

Catatan :
Calon peserta harap dikonfirmasi melalui Hp.081298859688
E-mail / SMS (Nama Lengkap, NIP dan Instansi) melalui mtc_indonesia83@yahoo.com
Pembayaran dilakukan Pada saat registrasi
Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambanya H-2
Tempat dan tanggal Kegiatan sewaktu-waktu dapat berubah
Harga kapan saja bisa berubah
Bisa Tentukan Materi, Tanggal Serta Lokasi Minimal 10 Peserta